Minggu, 01 Februari 2015

Tujuan Wisata Bali Barat

Pantai Medewi
Medewi beach merupakan salah satu wisata pantai yang masih alami, pantai berbatu dan berpasir hitam serta bernuansa kehidupan nelayan terlihat disana dan gulungan ombak yang merupakan hidangan para surfer adalah pemandangan utama disini.
Rambut Siwi
Pura Rambut Siwi adalah salah satu Pura Hindu terbesar di Bali, terletak di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana di Bali barat.Rambut Siwi adalah sebuah Pura Hindu yang indah, terletak di tepi tebing, dengan Samudera Hindia yang luas terhampar di depannya. Pura Rambut Siwi sendiri adalah lokasi dari banyak upacara dan kegiatan keagamaan dalam kalender Hindu di Bali.Pemandangan yang sensasional dimiliki oleh Pura ini ketika melihat ke arah laut dan ke bawah Pura atau dari pantai menengadah ke arah Pura. Pura utama terletak di atas tebing dan dikelilingi oleh pemandangan Samudra Hindia. Dari puncak tebing, kita bisa melihat bangunan Pura tua di bawah dan terletak tepat di tepi laut. Selain itu, panorama yang indah dari Samudra Hindia yang berwarna biru akan menambah kesan pengalaman anda. Suasana di tempat ini sangat tenang dan baik untuk memulihkan pikiran kita.
Air Terjun Munduk
Air Terjun Munduk memang tidak terlalu tinggi. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter. Air di sini sangat segar dan dingin sehingga cocok untuk berendam dan berenang. Suasana alami di sekitar air terhjun ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung sehingga lebih betah untuk berlama – lama menikmati kesegaran air di objek wisata ini. Air terjun ini tidak hanya menawarkan objek wisata air terjun biasa tetapi airnya juga memiliki kandungan sulfur atau belerang yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk melakukan terapi agar sembuh dari penyakit kulit yang dideritanya.
Balap Kerbau / Makepung
Bull Race, jika kita mendengar istilah itu, pasti pikiran kita langsung tertuju ke Madura. Namun di Bali, tradisi seperti ini juga terdapat di Kota Jembrana Bali. Namun yang digunakan disini adalah kerbau bukan sapi. Sapi dianggap hewan suci di Bali yang merupakan kendaraan dari Dewa Siwa. Makepung yang dalam bahasa Indonesia berarti berkejar-kejaran, adalah tradisi berupa lomba pacu kerbau yang telah lama melekat pada masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini awalnya hanyalah permainan para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen. Kala itu, mereka saling beradu cepat dengan memacu kerbau yang dikaitkan pada sebuah gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki.Makin lama, kegiatan yang semula iseng itu pun berkembang dan makin diminati banyak kalangan. Kini, Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banyak ditonton oleh wisatawan termasuk para turis asing. Tak hanya itu, lomba pacu kerbau inipun telah menjadi agenda tahunan wisata di Bali dan dikelola secara profesional.
Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat sebagai kawasan pelestarian alam, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, rekreasi dan menunjang budidaya. Ciri khas Taman Nasional Bali Barat adalah terdapatnya burung jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang dapat hidup di alam bebas hanya di Taman Nasional Bali Barat. Secara Administratif Taman Nasional Bali Barat Berada di kabupaten Jembrana dan Buleleng Propinsi Bali. Diantara bulan Desember hingga Maret curah hujan di wilayah ini cukup tinggi.
Delod Berawah
Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah,Taman rekreasi yang dilengkapi dengan kolam air laut ini diakui sebagai kolam air laut pertama di tempat umum. Selama ini hanya hotel-hotel berbintang yang punya kolam air laut.Fasilitas kolam ini dilengkapi, tempat bilas dan kamar mandi sudah berdiri megah. Rencana pengembangan berikutnya fasilitas ini akan dilengkapi dengan sarana-sarana penunjang seperti taman bermain untuk anak-anak, kios-kios serta penataan tempat parkir. Pengembangan akan dilakukan di timur kolam yang ada sekarang. Selain itu, kolam air laut mempunyai efek Hydrotherapy yang berdampak membantu kesehatan.
Pantai Perancak
Obyek Wisata Perancak merupakan sebuah obyek wisata yang indah, bibir pantai yang dihiasi perahu-perahu nelayan merupakan suatu keindahan tersendiri untuk dinikmati.Disini juga terdapat taman wisata yang memiliki fasilitas sirkuit Motor Cross dan Road Race, disini sangat cocok untuk tempat berlibur.Setiap tahun obyek wisata perancak dijadikan tempat untuk lomba sampan dayung tradisional yang biasanya dirangkaikan dengan HUT kota Negara.Di Desa Perancak terdapat tempat Pelestarian Penyu Laut yaitu "Kurma Asih" karena Pantai Perancak sangat cocok untuk tempat bertelor bagi Penyu. Ditempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan melakukan kegiatan pelepasan Tukik/Anak Penyu ke Laut.
Pantai Baluk Rening
Salah satu pantai di Jembrana (Bali barat) ini biasanya paling ramai dikunjungi pada akhir pekan dan pada saat liburan. Selain sebagai objek wisata, pantai Baluk Rening juga dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Terapi rematik ini bisa dilakukan dengan cara mandi di pantai Baluk Rening ini atau juga bisa dengan menimbuni badan Anda dengan pasirnya, badan Anda pasti akan terasa lebih segar dan bugar. Ombak di pantai Baluk Rening ini juga tidak terlalu besar, jadi aman buat Anda para wisatawan yang ingin bermain air di pantai ini. Dari pantai Baluk Rening Anda juga bisa melihat pemandangan dengan latar belakang pegunungan di Jawa Timur. Pemandangan akan terlihat lebih indah pada pagi dan sore hari. Namun pada sore hari Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Obyek wisata pantai baluk rening juga sangat menarik dengan adanya tebing – tebing dibibir pantai yang cukup tinggi sehingga menambah panorama yang sangat indah di bagian selatan.Untuk bisa lebih leluasa menikmati indahnya pantai Baluk Rening ini, Anda bisa menginap di hotel yang berada di sekitar pantai ini. Untuk masalah kenyamanan Anda tak perlu meragukannya lagi. Dan harga sewanya pun cukup terjangkau. Selain terdapat hotel atau penginapan, di sekitar Pantai Baluk Rening ini juga terdapat beberapa restoran dan rumah makan seafood.
Candi Kusuma
Pantai Candi Kusuma yang terletak di Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Pantai Candi Kusuma memiliki panorama yang indah dan menawan dengan suasana yang tenang sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati kenyamanan. Deburan ombak dan semilir angin pantai menambah ke exsotikan pantai ini. Karena pantai ini masih tenang dan asri banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke pantai ini untuk menikmati indahnya pemandangan pantai ini.Dari Pantai ini juga anda dapat menyaksikan tenggelamnyanya matahari ke peraduan (sunset). Di pantai ini terdapat dermaga perahu boat milik perusahaan penangkaran kerang mutiara yang sering dijadikan sebagai spot/arena memancing oleh penduduk sekitar. Selain itu juga ditempat ini terdapat peninggalan sejarah berupa sebuah tugu berbentuk segitiga yang konon menurut cerita dari dalam tugu itu dulunya pernah keluar keris yang mampu memancarkan sinar.
Bendungan Palasari
Tujuan atau fungsi awal dibangunnya Bendungan Palasari adalah sebagai pengendalian bencana banjir dan irigasi. Namun daerah genangan waduk yang cukup luas sangat bermanfaat pula bagi usaha perikanan air tawar. Di Bendungan ini juga terdapat banyak ikan – ikan seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, ikan gabus, lele, kaper, udang, dan masih banyak ikan air tawar lainnya. Bagi Anda para wisatawan yang berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda bisa menyalurkan hobi memancingnya di Bendungan ini.Selain berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian, Bendungan Palasari ini juga di jadikan objek wisata. Para wisatawan yang berkunjung atau berwisata ke Bendungan ini tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja, namun bagi para wisatawan yang mempunyai hobi motor cross dan off road dapat menyalurkan hobinya di daerah sekitar Bendungan, karena di area Bendungan ini terdapat area motor cross dan off road. Biasanya pada hari – hari tertentu diadakan perlombaan motor cross dan off road di Bendungan Palasari ini.
Sangkar Agung
Desa Sangkaragung terkenal didunia dengan kesenian Jegognya terutama di Jepang. Jegog Sangkaragung tampil di Jepang setiap tahunnya lebih dari tiga kali. Sedangkan didesa Sangkaragung sendiri Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung. Wsatawan dapat belajar memainkan (menabuh) jegog di sanggar ini.
Bunut Bolong
Bunut Bolong adalah pohon Bunut yang tumbuh lestari di mana di tengah akar akarnya terdapat jalan raya yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.Yang menarik adalah alam lingkungannya sepanjang mata memandang penuh dengan pohon cengkeh, udara sejuk dan sangat cocok untuk Wana Wisata. Terdapat pura "Bujangga Sakti" yang dipelihara dan merupakan tempat Pemujaan Umat Hindu.Seperti banyak hal unik lain, ada kisah atau mitos yang menyertai. Sejumlah warga meyakini jalan di bawah pohon ini pantang dilewati calon pengantin. Jika dilewati, pernikahan dikhawatirkan gagal sebelum acara atau setelahnya.
Pantai Pengeragoan
Pantai Pengeragoan sekalipun belum seterkenal Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, atau Pantai Lovina, namun banyak menyimpan potensi wisata yang menarik dan unik. Pantai Pengeragoan bercirikan pasir hitam dengan deburan ombak yang besar serta lambaian pohon yang nyiur ini dianggap sebagai tempat yang cocok dan tepat bagi Anda yang ingin menepi diri dan menenangkan fikiran, menghindar sementara dari hiruk pikuk dan ramainya kota besar.Eksotisme dan kealamian pantai yang masih belum terjamah banyak manusia menjadi daya tarik utama dari pantai yang menjadi daya tarik wisata di Kawasan Pekutatan ini. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di Pengeragoan ini diantaranya bersantai, berenang, menyantap makanan di tepi pantai, memancing, menikmati sunset, dsb.
Museum Manusia Purba
Museum Manusia Purba Gilimanuk ini bisa dikatakan unik dan berbeda dengan museum-museum lainnya yang ada di Bali dalam konteks benda-benda yang tersimpan didalamnya. Museum ini—sebagaimana namanya—menyimpan sejumlah benda-benda kepurbakalaan masa lampau berupa yang memiliki nilai historis sangat tinggi.Keberadaan museum ini sendiri berawal dari penemuan ratusan kerangka manusia purba dan juga bekal kuburnya yang menyertai penemuan tersebut yang diperkirakan berasal dari zaman pra-sejarah (akhir). Berbagai kerangka manusia yang ditemukan tersebut bercirikan ras Mongoloid.Berdasarkan hal tersebut kemudian pemerintahan Kabupaten Jembrana berinisiatif untuk menyelamatkan dan mengabadikan berbagai benda-benda penemuan tersebut supaya tidak lekas hilang atau bahkan malah jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab.
Taman Wisata Air Gumbrih
Taman Wisata Air ini merupakan obyek wisata yang menarik, karena mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Selain itu tersedia pula perahu boat sebagai sarana transportasi menyusuri sungai. Jarak yang harus ditempuh adalah kurang lebih 2 kilometer, dengan titik henti di jembatan yang merupakan perbatasan Pangyangan-Gumbrih.Selain menikmati hijaunya pepohonan, wisatawan juga dapat melihat bermacam hewan liar seperti burung kokokan dan biawak. Hal ini membuat Taman Wisata Air menjadi lokasi yang ideal untuk sekedar berperahu santai hingga memotret.
Bendungan Benel
Bendungan yang terbilang besar dan luas serta didukung kondisi hutan lindung yang hijau yang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Udara di Bendungan ini juga sangat sejuk karena letaknya di daerah pengunungan dan juga Bendungan Benel memiliki pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh banyak pepohonan. Dibawah Bendungan juga terdapat sawah luas yang begitu indah dengan teraseringnya. Sangat cocok bagi anda para wisatawan yang merasa sangat jenuh dengan kehidupan di kota yang begitu sumpek dan banyak polusi. Jadi bila anda mempunyai waktu luang, sempatkanlah diri anda untuk melancong ke Bendungan Benel, Jembrana, Bali.
Informasi yang sajikan pada halaman diambil dari berbagai sumber.

Bagi yang berminat untuk mengunjungi tujuan-tujuan wisata tersebut di atas dapat menghubungi kami di nomor :
Alamat Kontak AmaneBali

Alamat Kontak ViantyTour

Jl. Tukad Yeh Otan Blok 28 no.40 , Perum BTN Sanggulan,
Tabanan, Bali - Indonesia
Jl. Ir. H. Juanda No. 53, Karawang, Jawa Barat - Indonesia

Phone: +62-361-933-05-25
-

Hp: +62-821-4416-7018 / +62-821-4708-8997

Hp : +62-812-989-057-92

E-Mail: amanegroup@gmail.com

E-Mail: vianty_tour@yahoo.com

Pin BBm: 7534E14C

Pin BBm: 224567D3

WhatsApp: +62-821-4708-8997

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar